Jumat, 03 Juni 2011

Otot-otot Yang Dilatih Saat Bersepeda

Bersepeda, baik statis maupun di jalan merupakan olahraga yang baik untuk jantung dan menjadi bagian dari latihan cardio yang murah dan terpadu. Bersepeda tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga bermanfaat bagi otot. Sejumlah otot yang mendapat manfaat selama bersepeda diantaranya adalah :

Quadriceps
Quadriceps adalah otot terbesar di kaki. Otot-otot ini berada di atas paha dan bekerja  ketika kaki kita memanjang (extensi)

Gluteus muscles
Gluteus adalah otot-otot pantat. Otot ini juga bekerja ketika kaki kita memanjang.(extensi )

Hamstrings
Hamstring atau paha belakang terletak di bagian belakang kaki, kebalikan dari paha depan, mereka bekerja ketika lutut sedang membangkok atau tertekuk.(flexi)

Gastronemius
 atau betis berada di bagian kaki bawah di bawah lutut. Betis akan bekerja ketika kaki melakukan lenturan plantar atau menunjuk ke bawah.(plantar flexi)

Tibialis anterior
Otot-otot tibialis anterior berjalan di bagian depan tulang kering (tibia). Otot ini bekerja ketika kaki ‘dorsoflexi’ atau mengarah keatas. Ketika mengayuh pedal sepeda, kaki kita akan mengalami plantar dan dorsoflexi secara berganti-gantian

Hip Flexors
Fleksor Pinggul adalah otot-otot yang berada di bawah perut. Sesuai namanya, otot-otot ini akan bekerja ketika pinggul meregang. Peregangan dan pengencangan atau flexing pada pinggul terjadi ketika lutut mendekat dan menjauh selama kita mengayuh sepeda.
Jadi, siapkah Anda untuk mulai mengayuh sepeda hari ini dan mendapatkan manfaat maksimal dari nggowes?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar